MASIGNCLEAN101

Ilustrasi Mengenai Evaluasi Hasil Usaha

Melaksanakan usaha baru bukanlah hal yang mudah karena banyak aspek yang harus direncanakan secara matang, seluruh kemampuan wirausaha dipergunakan dan berbagai kemampuan manajemen dikerahkan dalam menjalankan usaha tersebut. Setelah pilihan usaha dilaksanakan perlu diadakan evaluasi yang berkaitan dengan proses usaha

Evaluasi hasil usaha merupakan langkah yang harus ditempuh oleh seorang wirausaha terutama berkaitan dengan rencana pengembangan usaha yang telah dilaksanakan . apakah dalam usaha yang telah berjalan tersebut masih terdapat kekurangan? Bagaimana kesehatan kondisi usaha?apakah menjanjikan keuntungan usaha? Apakah pengembangan usaha yang perlu dilakukan? Dan sebagainya hal ini terjadi akibat adanya hasil evaluasi dari usaha yang telah dijalankan.

Evaluasi hasil usaha atau bisnis adalah suatu proses penilaian terhadap kinerja kegiatan usaha atau bisnis yang meliputi analisis dan penafsiran hasil usaha atau bisnis yang sudah dicapainya evaluasi kegiatan usaha atau bisnis perlu dibuat atau disusun oleh wirausaha secara logis, sistematis dan cermat.

Evaluasi usaha atau bisnis merupakan tahap yang sangat penting didalam manajemen usaha atau bisnis untuk memberikan feedback atas pelaksanaan suatu kegiatan yang telah direncanakan agar pelaksanaannya berada pada jalur yang benar.

Evaluasi hasil usaha yang baik adalah evaluasi yang menghasilkan atau memberrikan dampak positif pada perkembangan suatu program-program kinerja usahanya. Oleh karena itu, system dan proses evaluasi harus mampu menjelaskan atau mengungkapkan dan memberi gambaran tentang keberhasilan usaha atau bisnis yang sesuai dengan tujuannya.

Untuk menilai kinerja perusahaan diperlukan alat analisis, diantaranya dengan menggunakan rasio-rasio keuangan.

Share This :
Ari Kristianto