MASIGNCLEAN101

Kewirausahaan Tentang Kreativitas

Kreativitas 1. Pengertian kreativitas

Cara berpikir posisi yang mengarahkan pada hal-hal yang baik dan sesuatu yang buruk itu, harus dipandang sebagai pengalaman dan guru terbaik. Cara berpikir wirausaha dengan demikian dikatakan kreatif. Jika demikian, apa yang dimaksud kreativitas itu? Kreativitas adalah menghadirkan suatu gagasan yang baru. Kreativitas sumber yang sangat penting dari kekuatan persaingan usaha, karena lingkup bisnis yang selalu berubah.

Goman(1991) menjelaskan bahwa inovasi itu merupakan penerapan secara praktis mengenai gagasan yang kreatif. Inovasi tercipta karena adanya kreativitas tinggi. Kreativitas wirausaha merupakan kemampuan untuk membawa sesuatu yang baru kedalam kehidupan berwirausaha. Wirausaha yang kreatif dapat menciptakan hal-hal yang baru untuk mengembangkan semngat kerja dalam mengelola usahany. Conny semiawan (1984) menjelaskan bahwa kreativitas itu adalah sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. Dengan perkataan lain, kreativitas itu adalah sebagai berikut:

a. Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru atau melihat hubungan baru antara unsure,data dan variable yang sudah ada sebelumnya

b. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang lebih relative berbeda dengan yang telah ada sebelumnya

Semangat etos kerja yang tinggi terletak pada kreativitas dan rasa percaya diri untuk maju dalam berwirausaha. Menurut de bono pemikiran kreatifitas itu merupakan motivator yang sangat besar karena membuat orang tertarik akan pekerjaannya.

Dengan mengembangkan kreativitas seorang wirausaha akan mampu meningkatkan :

a. Ketrampilannya

b. Semangat kerjanya

c. Mutu produknya

d. Efisiensi kerjanya

e. Inisiatif kerjanya

f. Keuntungan usahanya

Bagi kalangan wirausaha, tingkat kreatifitas akan sangat menunjang dalam semangat kerjanya dan kemajuan bisnisnya. Dalam lingkungan bisnis global, dimana perubahan begitu cepat, organisasi dipaksa membutuhkan para wirausaha yang kreativitas dan dapat menantisipasi serta tanggap terhadap adanya perubahan dalam dunia bisnis.

Share This :
Ari Kristianto