MASIGNCLEAN101

Pengertian Komunikasi Usaha

komunikasi usaha 1. Pengertian komunikasi.

Komunikasi berasal dari kata. Communicare (bhs latin) artinya memberitahukan. Dalam bhsa inggris communication artinya suatu pertukaran informasi, ide, konsep, perasaan lain-lain antara dua orang atau lebih.

Murphy mengatakan bahwa komunikasi itu adalah seluruh proses yang diperlukan untuk mencapai pikiran-pikiran yang di maksud orang lain.

Dalam komunikasi usaha ada 3 aspek yg perlu diperhatikan dalam rangka pemecahan masalah keputusan usaha, yaitu :

a. Komunikasi hrs dipandang sebagai suatu proses dlm pemecahan masalah keputusan.

b. Komunikasi menyangkut karyawan perusahaan.

c. Komunikasi menyangkut informasi dlm pemecahan keputusan usaha atau bisnis.

2. Pentingnya Komunikasi Usaha.

Komunikasi merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam pemecahan masalah keputusan usaha, diantaranya :

a. Dpt menimbulkan kesetiakawanan dan rasa loyalitas karyawan perusahaan.

b. Mudah memperoleh keterangan atau informasi yang diperlukan dalam pelaksanaan pemecahan masalah keputusan usaha.

c. Dpt meningkatkan tanggung jawab para karyawan.

d. Dpt meningkatkan kegairahan kerja.

e. Dpt mengetahui kebijaksanaan, peraturan2 yg telah diputuskan wirausaha.

f. Dpt menimbulkan saling pengertian diantara karyawan dlm pemecahan masalah keputusan usaha.

g. Adanya saling menghargai dlm pemecahan keputusan usaha yg diputuskan wirausaha.

h. Dpt memutuskan keputusan suatu masalah secara tepat dan logis.

i. Dpt mendorong para karyawan kearah berpikiran kreatif dan inovatif.

Share This :
Ari Kristianto