MASIGNCLEAN101

Sumber-sumber Modal Usaha

Modal usaha dibagi menjadi beberapa sumber sebagai berikut:

1. Sumber intern

Modal yang berasal dari sumber intern adalah modal atau dana yang dibentuk atau dihasilkan sendiri dalam perusahaan. Alasan perusahaan menggunakan sumber dana intern yaitu :

a. Dengan dana dari dalam perusahaan maka perusahaan tidak mempunyai kewajiban untuk membayar bunga maupun dan yang dipakai

b. Setiap saat tersedia jika diperlukan

c. Dana yang tersedia sebagian besar telah memenuhi kebutuhan dan perusahaan

d. Biaya pemakaian relative murah

Sumber dana intern dalam sebuah perusahaan antara lain :

a. Laba ditahan

Laba ditahan adalah laba bersih yang disimpan untuk diakumulasikan dalam suatu bisnis setelah dividen dibayarkan. Juga disebut laba yang tidak dibagikan (undistributed profits) atau surplus yang diperoleh (earned surplus)

b. Depresiasi

Depresiasi adalah alokasi jumlah suatu aktiva yang dapat disusutkan sepanjang masa manfaat yang diestimasi. Penyusutan untuk periode akuntansi dibebankan ke pendapatan baik secara langsung maupun tidak langsung

Sedangkan sumber intern modal awal bagi seseorang yang hendak memulai usahanya dapat diperoleh dari dana milik sendiri,warisan maupun donator

2. Sumber Ekstern

Modal yang berasal dari sumber ekstern adalah modal yang berasal dari luar perusahaan. Alasan perusahaan menggunakan sumber dana ekstern adalah :

a. Jumlah dan yang digunakan tidak terbatas

b. Dapat dicari dari berbagai sumber

c. Dapat bersifat fleksible

Yang merupakan sumber ekstern perusahaan adalah supplier, bank dan pasar modal.

a. Supplier

Supplier memberikan dan kepada suatu perusahaan dalam bentuk penjualan barang maupun mesin-mesin secara kredit, baik untuk jangka pendek (kurang dari satu tahun), maupun jangka menengah (lebih dari satu tahun atau kurang dari sepuluh tahun)

b. Bank

bank adalah lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan (financial intermediary) antara pihak yang memiliki dana, serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran

c. Pasar modal

Pasar modal adalah suatu pengertian abstrak yang mempertemukan dua kelompok yang saling berhadapan tetapi kepentingannya saling mengisi. Yaitu calon pemodal (investor) disuatu pihak dan emiten yang membutuhkan dana jangka menengah atau jangka panjang di lain pihak. Yang dimaksud dengan pemodal adalah perorangan atau lembaga yang menanamkan dananya dalam efek, sedangkan emitmen adalah perusahaan yang menerbitkan efek untuk ditawarkan kepada masyarakat

Share This :
Ari Kristianto