MASIGNCLEAN101

Produk dan Pengelolaan Persediaan

a.    Pengertian Produk

Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau di konsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Secara umum produk dapat berupa barang atau jasa, Jadi, produk bisa berupa manfaat tangible(berujud atau benda langsung) maupun intangible (tidak berujud atau bukan benda langsung) yang dapat memuaskan pelanggan.

b.     Tingkatan Produk Secara Umum

1)   Produk utama/inti (core benefit), yaitu manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan di konsumsi oleh pelanggan dari setiap produk.

2)   Produk generik, yaitu produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk minimal agar dapat berfungsi).

3)    Produk harapan (expected product)

4)    Produk pelengkap (augmented product), yakni berbagai atribut produk

5)    Produk potensial

c.     Klasifikasi Produk

1)      Barang

a)    Barang Tidak Tahan Lama (Nondurable Goods)

b)    Barang Tahan Lama (Durable Goods)

2)      Jasa (Services)

d.     Proses Perencanaan Strategi Produk

1)      Analisis Situasi

2)      Penentuan Tujuan Produk

3)      Penentuan Sasaran Pasar

4)      Penentuan Anggaran

5)      Penetapan Strategi Produk

6)      Evaluasi Pelaksanaan Strategi

e.     Siklus Hidup Produk

Cycle (PLC), yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat suatu produk Siklus hidup produk biasa dikenal dengan istilah Product Life

f.      Pengembangan produk

Tiga bagian fungsi produk

a)    Lapisan inti produk yaitu manfaat atau nilai lebih dari produk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

b)    Lapisan kedua produk yaitu bentuk formal dari produk, misalkan merek, warna, model dan lain-lain.

c)    Lapisan ketiga yaitu kelengkapan produk, misalkan suku cadang, garansi, kemudahan pembayaran dan lain-lain.

g.     Komoditi yang diproduksi dan dipasarkan

1)      Barang konsumsi

a)    Convenience goods

b)    Shooping goods

c)    Specialty goods

d)    Intense goods

e)    Bulk goods

2)      Barang hasil bumi

3)      Barang industri

4)      Jasa

2.     Pengelolaan persediaan

a.    Untuk menjaga persediaan produk.

b.    Untuk menjamin agar konsumen tidak kecewa dengan kekosongan produk.

c.    Untuk mengendalikan kuantitas produk agar tidak berlebihan dalam persediaan.

Dalam pengelolaan persediaan terdapat dua sistem pencatatan yang sering digunakan dalam dunia usaha, yaitu:

a.     Pencatatan dengan sistem terus-menerus (Perpetual)

b.     Pencatatan secara periodik (phisik)

c.     Metode Pencatatan

1)      First In-First Out (FIFO)

2)      Last In-First Out (LIFO)

3)      Average

Share This :
Ari Kristianto