MASIGNCLEAN101

Pengertian Proses Manajemen

Proses manajemen menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis. Sesungguhnya keempat proses itu merupakan hasil ikhtisar dari pelbagai pendapat praktisi dan ahli mengenai manajemen (Wikipedia BI).

Proses manajemen itu sendiri mempunyai berbagai gagasan yang mana Semua gagasan itu didasarkan pada pra-anggapan yang menghendaki pembagian proses kerja para manajer menjadi bagian-bagian yang dapat dilaksanakan. Proses-proses itu berulangkali dinyatakan sebagai "langkah-langkah dasar manajemen", batu-batu fondasi manajemen.

B. Pandangan Para Ahli Mengenai Fungsi Manajemen

Manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan tertentu.Manajemen pendidikan juga merupakan suatu kegiatan. Kegiatan yang dimaksud adalah tindakan-tindakan yang mengacu kepada fungsi-fungsi manajamen. Berkenaan dengan fungsi-fungsi manajemen ini, H. Siagian (1977) mengungkapkan pandangan dari beberapa ahli, sebagai berikut:

1. Menurut G.R. Terry terdapat empat fungsi manajemen, yaitu :

a. Planning (perencanaan);

b. Organizing (pengorganisasian);

c. Actuating (pelaksanaan); dan

d. Controlling (pengawasan).

2. Henry Fayol terdapat lima fungsi manajemen, meliputi :

a. Planning (perencanaan);

b. Organizing (pengorganisasian);

c. Commanding (pengaturan);

d. Coordinating (pengkoordinasian); dan

e. Controlling (pengawasan).

3. Harold Koontz dan Cyril O’ Donnel mengemukakan lima fungsi manajemen, mencakup :

a. Planning (perencanaan);

b. Organizing (pengorganisasian);

c. Staffing (penentuan staf);

d. Directing (pengarahan); dan

e. Controlling (pengawasan).

4. Gullick mengemukakan tujuh fungsi manajemen, yaitu :

a. Planning (perencanaan);

b. Organizing (pengorganisasian);

c. Staffing (penentuan staf);

d. Directing (pengarahan);

e. Coordinating (pengkoordinasian);

f. Reporting (pelaporan); dan

g. Budgeting (penganggaran)

Share This :
Ari Kristianto