MASIGNCLEAN101

Pengertian Dan Unsur Kredit

Istilah kredit berasal dari bahasa Latin “credere” yang berarti “faith” dan “trust”  atau kepercayaan. Dengan definisi tersebut dapat dikatakan pemberian kredit harus dilandasi kepercayaan pemberi kredit (kreditur) bahwa debitur dalam waktu dan dengan syarat-syarat yang telah disetujui bersama dapat mengembalikan kredit / hutang yang bersangkutan.

Istilah kredit selama ini mengacu kepada pemberian fasilitan kredit oleh lembaga perbankan konvensional dan oleh perbankan syariah menggunakan istilah pembiayaan. Namun kedua istilah tersebut mengandung makna yang sama.

Berdasakan definisi kredit, disimpulkan terdapat unsur-unsur kredit yang diuraikan sebagai berikut :

Kepercayaan, yaitu adanya keyakinan pihak bank (kreditur) bahwa debitur (peminjam dana) dapat melunasi pinjaman sesuai yang diperjanjikan.

Waktu, adanya jangka waktu tertentu antara pemberian kredit dan pelunasannya sesuai yang diperjanjikan.

Prestasi, adanya obyek tertentu berupa prestasi dan kontraprestasi pada saat tercapainya kesepakatan perjanjian kredit berupa uang dan bunga atau imbalan.

Risiko, adanya risiko yang mungkin terjadi selama jangka waktu pemberian dan pelunasan kredit, sehingga diperlukan jaminan untuk menutup kemungkinan terjadinya wanprestasi.

Berdasarkan jangka waktu, kredit dapat digolongkan berdasarkan kriteria sebagai berikut::

1). Kredit Jangka Pendek, jangka waktunya tidak melebihi 1 tahun

2). Kredit Jangka Menengah, jangka waktunya 1 s.d. 3 tahun

3). Kredit Jangka Panjang, memiliki jangka waktu di atas 3 tahun

Berdasarkan jenis penggunaan, kredit dapat dikategorikan :

Kredit konsumtif, yang dtujukan untuk keperluan konsumsi seperti kredit profesi, kredit perumahan, kredit kendaraan, pembelian alat rumah tangga dll.

Kredit Investasi, ditujukan untuk membeli barang modal atau barang investasi seperti tanah atau mesin yang dipergunakan untuk menunjang kegiatan usaha.

Kredit Modal Kerja, untuk membiayai modal kerja lancar  seperti modal barang dagangan, bahan baku, overhead produksi

Share This :
Ari Kristianto