MASIGNCLEAN101

Kredit Dalam Kewirausahaan

Ada dua macam bentuk kredit yaitu kredit investasi dan kredit modal kerja

1. Kredit Investasi

Kredit investasi adalah kredit yang diberikan ank untuk keperluan penambahan modal guna mengadakan rehabilitasi,perluasan usaha atau bisnis serta untuk mendirikan suatu proyek baru. Kredit investasi diberikan oleh pihak bank kepada para wirausahawan atau para pengusaha untuk untuk keperluan penanaman modal.

Kredit investasi bukanlah untuk keperluan penanaman modal kerja, akan tetapi untuk keperluan perbaikan atau penambahan barang modal(capital good), beserta fasilitas-fasilitas yang erat hubungannya dengan itu. Misalnya untuk membangu pabrik

Kredit investasi bersifat produktif karena adanya perbaikan atau adanya pertambahan barang-barang modal (capital good) dalam rangka meningkatkan produktivitas .kredit ivestasi yang diberikan bank pelaksanaanya mempunyai ciri-ciri:

1) Mempunyai perencanaan yang terarah dan matang

2) Waktu penyelesaian kredit adalah berjangka menengah atau panjang

3) Diperlukan untuk penanaman modal

2. Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja (working capital) tergolong dalam kredit prodksi atau eksploitasi. Pada umumnya kredit modal kerja merupakan kredit janka pendek, lamanya maksimum satu tahun.

Kredit modal kerja disebut juga kredit eksploitasi karena bantuan modal kerja tersebut digunakan untuk menutupi biaya-biaya eksploitasi perusahaan secara luas berupa pembelian bahan baku,bahan penolong dan produksi lainnya.

Selain dua jenis kredit diatas terdapat klasifikasi lain jenis-jenis kredit yaitu

a. Dari segi tujuan kredit

1) Kredit Produktif

2) Kredit konsumtif

3) Kredit Perdagangan

b. Dari segi jangka waktu

1) Kredit jangka pendek (jangka waktu pengembalian kurang dari 1 tahun)

2) Kredit jangka menengah (jangka waktu pengembalian antara 1-3 tahun)

3) Kredit jangka panjang (jangka waktu pengembalian diatas 3-5 tahun)

A. Unsur - Unsur Kredit

Unsur - unsur kredit menurut Rivai (2007:438) antara lain:

1. Terhadap kepercayaan pemberi kredit kepada peneima kredit yang didasarkan atas credit rating penerima kredit.

2. Terdapat dua pihak yaitu, pemberi kredit (kreditur) dan penerima kredit ( nasabah).

3. Terdapat persetujuan, berupa kesepakatan pihak pemberi dengan pihak lain nya yang berjanji memebayar dari penerima kredit (kreditur) kepada pemberi kredit (nasabah).

4. Terdapat penyerahan barang, jasa atau uang dari pemberi kredit kepada penerima kredit.

5. Terdapat unsur waktu, unsur waktu merupakan essensial kredit.

6. Terhadap unsur resiko balk dipihak pemberi kredit (kreditur) mauapun dipihak penerima kredit (nasabah).

7. Terhadap unsur bunga sebagai kompensasi (prestasi)kepada pemberi kredit.

B. Jenis - Jenis Kredit

Beragamnya jenis usaha, menyebabkan beragam pula kebutuhan akan dana, kebutuhan akan dana yang beragam menyebabkan jenis kredit juga menjadi beragam, secara umum jenis dapat dilihat dari berbagai segi anatara lain:

1.  Jenis kredit dilihat dari segi tujuan kredit

Jenis kredit dilihat dari segi kredit terdiri dari :

1). Kredit produktif

Kredit produktif adalah kredit yang digunakan untuk peningkatan usaha atau produksi atau investasi.

2). Kredit komsumtif

Kredit komsumtif adalah kredit yang digunakan untuk komsumsi secara pribadi.

3). Kredit perdagangan

Kredit perdagangan adalah kredit yang digunakan untuk perdagangan, biasanya untuk membeli barang dagangan yang pembayarannya diharapkan dari hasil penjualan barang dagangan tersebut, contoh : kredit ekspor dan impor (kasmir,2008:110).

2. Jenis kredit dilihat dari segi jangka waktu

Jenis kredit dilihat dari segi jangka waktu terdiri dari :

1. Kredit 3angka Pendek (short term credit)

Kredit jangka pendek adalah kredit yang berjangka waktu maksimum satu tahun, dilihat dari sisi perusahaan, kredit jangka pendek dapat berbentuk sebagai berikut :

a. Kredit Rekening Koran, yaitu kredit yang diberikan kepada nasabahnya dengan planfond tertentu.

b. Kredit Penjual, yaitu kredit yang diberikan oleh pembeli kepada penjual.

c. Kredit Wesel, yaitu kredit yang terjadi apatiila nasabah mengeluarkan surat

pengakuan hutang yang berisi kesanggupan untuk membayar sejumlah uang tertentu dan pada saat tertentu, setelah ditanda tangani surat wesel dapat dijual diuangkan kepada Bank(surat promes).

Kredit Eksploitasi, yaitu kredit yang diberikan untuk membiayai current Operation suatu perusah

2. Kredit Jangka Menengah (intermediate term credit)

Kredit jangka menengah (intermediate term credit) adalah kredit yang berjangka waktu dari 1-3 tahun.

3. Kredit Jangka Panjang ( long term credit)

Kredit jangka panjang (long term credit) kredit yang berjangka waktu lebih dari 3 tahun.

4. Demand Loan atau call loan

Demand Loan atau call loan adalah suatu bentuk kredit yang setiap waktu dapat diminta kembali.

4. Jenis kredit dilihat dari segi jaminan

Jenis kredit dilihat dari segi jaminan terdiri atas :

l. Kredit dengan jaminan

Kredit yang diberikan dengan suatu jaminan, jaminan tersebut dapat berbentuk barang berwujud dan tidak berwujud atau jaminan orang, artinya setiap kredit yang dikeluarkan akan dilindungi senilai jaminan yang diberikan calon nasabah.

2. Kredit tanpa jaminan

Kredit yang diberikan tanpa barang jaminan atau orang tertentu, kredit ini diberikan dengan melihat prospek usaha dan karakter serta loyalitas atau nama baik calon nasabah selama ini (Kasmir,2008:11).

5. Jenis kredit dilihat dari segi sektor ekonomi

Jenis kredit dilihat dari segi sektor ekonomi terdiri dari : sektor pertanian, perburuhan, dan sarana pertanian, sektor pertambangan, sektor perindustrian, sektor listrik, gas dan air, sektor konstruksi, sektor perdagangan, restoran dan hotel, sektor jasa - jasa sosial/ masyarakat, sektor lain-lain.

Share This :
Ari Kristianto
avatar

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

15 September 2016 at 10:01
avatar

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

15 September 2016 at 10:06
avatar

Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Nyonya Nurliana Novi, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar mendukung saya melalui ibu yang baik Nyonya Elina

 Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya kepada Nyonya Elina, yang adalah pemilik dari sebuah perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Nyonya Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


Mereka juga memiliki tim ahli yang akan menyarankan Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

Ada perusahaan palsu lain online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya adalah satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati dari orang-orang ini baik-baik saja

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

27 August 2018 at 03:20
avatar

Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

22 November 2019 at 22:23