MASIGNCLEAN101

Inovasi Dalam Kewirausahaan

1. Pengertian Inovasi

Pengertian Inovasi Faktor personal yang mendorong inovasi dalam mengembangkan semangat wirausaha, yaitu keinginan berprestasi, sifat penafsiran, siap atau berani mananggung risiko, pendidikan dan pengalaman dalam usaha atau bisnis. Sebenarnya inovasi itu apa? Inovasi bahasa inggrisnya innovation yang artinya segala hal yang baru atau pembaruan. Innovator adalah orang atau sesuatu yang mendatangkan hal-hal baru. Wirausaha yang sukses selalu menggunakan inovasi dalam pembuatan produknya dan pelayanan yang unik sehingga tidak memandang usaha yang lain sebagai pesaing.

Wirausaha yang inovatif akan mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi usaha atau bisnisnya pada zaman sekarang. Adanya inovasi akan membawa perkembangan dan perubahan ekonomi, serta mempengaruhi semangat kerja para wirausaha. Inovasi adalah suatu temuan yang luar biasa tetapi suatu temuan yang menyebabkan berdayagunanya sumber ekonomi kea rah yang lebih produktif. Adanya inovasi dari seorang wirausaha akan mendorong semangat kerja didalam usahanya atau bisnisnya. Adapun faktor-faktor yang mendorong inovasi yaitu adanyapeluang usaha,pengalaman dan kreativitas wirausaha.

Pada umumnya faktor-faktor inovasi yang dapat mempengaruhi semangat kerja wirausaha yaitu:

a. Kesempatan untuk memperoleh keuntungan

b. Minat dan keinginan wirausaha sendiri untuk berwirausaha

c. Kesempatan untuk menjadi bos

d. Kebebasan didalam manajemen usaha

Seperti kita ketahui ada beberapa faktor dalam peningkatan inovasi para wirausaha,yaitukeinginanberprestasi,pemasaran,risiko,pendidikan,pengalaman dan sebagainya. Kemampuan wirausaha dalam berinovasi merupakan proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang dapat di jual. Oleh Karen itu jika wirausaha ingin sukses didalam usahanya maka ia harus membuat produknya dengan inovasi-inovasi produk yang baru. Apa sebabnya? Sebab, didalam dunia usaha atau bisnis pada zaman sekarang, produk-produk pelayanan tanpa adanya inovasi tidak akan berkembang, bahkan tidak akan sukses didalam berwirausaha.

Disini ada 5 mitos utama dalam meningkatkan kemampuan wirausaha daam mengembangkan inovasi yaitu sebagai berikut:

a. Inovasi itu harus direncanakan terlebih dahulu dan dapat diperkirakan

b. Teknologi merupakan kekuatan pendorong terhadap inovasi

c. Spesifikasi teknis sebaiknya dipersilakann secara lengkap

d. Adanya kreativitas yang tergantung pada mimpi-mimpi dan gagasan yang mengawang-awang

e. Proyek usaha yang besar akan lebih mengembangkan masalah inovasi daripada proyek usaha kecil

Didalam prosesnya penerapan kemampuan didalam berinovatif, menurut kuratko (1995) ada 4 jenis inovatif yaitu :

a. Invensi (penemuan)

b. Ekstensi (pengembangan)

c. Duplikasi (penggandaan)

d. Sintesis

Share This :
Ari Kristianto
avatar

TERIMA KASIH , Menambah wawasan..

My blog

21 May 2017 at 14:01