Thursday, 5 December 2013

Tekhnik dan Prosedur Permodalan Wirausaha

ghg Seorang wirausaha membutuhkan berbagai sumber daya atau factor produksi dalam menjalankan usahanya. Sumber daya yang diperlukan secara umum antara lain sumber daya alam,sumber daya manusia,sumber daya modal,sumber daya managerial dan teknologi, adapun yang akan kita bahas adalah mengenai sumber daya modal.

Sumber daya modal merupakan sumber daya financial atau keuangan. Tidak ada usaha yang tidak memerlukan uang dan sangat sedikit sebuah usaha yang dibiayai oleh pemilik sepenuhnya. Teknik dan prosedur permodalan usaha adalah hal yang berkaitan dengan mencari sumber-sumber dana untuk modal usaha dan mengelola asset financial. Hal ini merupakan faktor penting bagi kelancaran usaha. Oleh karena itu pendanaan sebuah usaha tidak harus seluurhnya berasal dari pemilik, maka keterbatasan modal tersebut harus dicarikan tambahan dari luar. Tambahan modal dapat berupa pinjaman, dapat juga berbentuk sistim bagi hasil,maupun penjualan saham.

1. Pinjaman

Sumber modal usaha yang diperoleh dari pinjaman biasanya berasal dari lembaga keuangan atau lembaga perbankan. Akan tetapi, untuk apatkan pinjaman tersebut pengusaha harus memenuhi berbagi syarat. Pertama adalah pengajuan permohonan, biasanya dalam bentuk proposal disertai dengan studi kelayakan usaha yang sedang atau akan dijalankan, dilanjutkan tahap wawancara,setelah itu pihak bank akan melakukan peninjauan ke lokasi usaha untuk menilai kesesuaian antara fakta yang ada pada proposal dan keadaan dilapangan.

2. Perusahaan Modal Ventura

Maksud kerja sama dengan perusahaan modal ventura berbentuk bagi hasil yaitu perusahaan modal ventura melengkapi dana wirausaha, sebagai kompensasinya perusahaan modal ventura memperoleh modal keuntungan yang besar tergantung kesepakatan. Seperti halnya pinjaman pada bank disini pengusaha juga harus mengajukan proposal atau rencana bisnis kedepan sebagai persyaratan.

3. Dana Ekuitas (Penjualan Saham Perusahaan)

Dana ekuitas adalah salah satu cara pengusaha dalam memproleh dana dengan cara menjual sahamnya kepada masyarakat(go public), perusahaan juga harus memenuhi persyaratan yang lebih sulit dan prosedur yang rumit dibandingkan mencari pinjaman pada bank maupun modal ventura, sebab harus mengikuti mekanisme dan peraturan yang ketat sebagi perusahan emitmen di bursa efek.

Berikut beberapa tahapan atau prosedur umum yang sering digunakan dalam pengajuan permohonan kridit pada bank atau LKBB

a. Pengajuan kredit

b. Melengkapi persyaratan dan mengisi formulir permohonan

c. Penelitian pendahuluan

d. Wawacara

e. Pemeriksaan ketempat usaha

f. Analisis permohonan kredit

g. Keputusan atas permohonan kredit

h. Pencairan kredit pada nasabah

Berikut beberapa persyaratan unutk mempeoleh kredit (KIK dan KMKP)

a. Pengusaha pribumi

b. Pengusaha atau perusahaan golongan ekonomi lemah

c. Mempunyai usaha yang jelas

d. Ada izin usaha atau sedang dalam pengurusan

e. Tidak sedang menikmati kredit bank lain

Read Other

2 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2016. Educational Top Studies Files - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz