MASIGNCLEAN101

Tekhnik dan Prosedur Permodalan Wirausaha

ghg Seorang wirausaha membutuhkan berbagai sumber daya atau factor produksi dalam menjalankan usahanya. Sumber daya yang diperlukan secara umum antara lain sumber daya alam,sumber daya manusia,sumber daya modal,sumber daya managerial dan teknologi, adapun yang akan kita bahas adalah mengenai sumber daya modal.

Sumber daya modal merupakan sumber daya financial atau keuangan. Tidak ada usaha yang tidak memerlukan uang dan sangat sedikit sebuah usaha yang dibiayai oleh pemilik sepenuhnya. Teknik dan prosedur permodalan usaha adalah hal yang berkaitan dengan mencari sumber-sumber dana untuk modal usaha dan mengelola asset financial. Hal ini merupakan faktor penting bagi kelancaran usaha. Oleh karena itu pendanaan sebuah usaha tidak harus seluurhnya berasal dari pemilik, maka keterbatasan modal tersebut harus dicarikan tambahan dari luar. Tambahan modal dapat berupa pinjaman, dapat juga berbentuk sistim bagi hasil,maupun penjualan saham.

1. Pinjaman

Sumber modal usaha yang diperoleh dari pinjaman biasanya berasal dari lembaga keuangan atau lembaga perbankan. Akan tetapi, untuk apatkan pinjaman tersebut pengusaha harus memenuhi berbagi syarat. Pertama adalah pengajuan permohonan, biasanya dalam bentuk proposal disertai dengan studi kelayakan usaha yang sedang atau akan dijalankan, dilanjutkan tahap wawancara,setelah itu pihak bank akan melakukan peninjauan ke lokasi usaha untuk menilai kesesuaian antara fakta yang ada pada proposal dan keadaan dilapangan.

2. Perusahaan Modal Ventura

Maksud kerja sama dengan perusahaan modal ventura berbentuk bagi hasil yaitu perusahaan modal ventura melengkapi dana wirausaha, sebagai kompensasinya perusahaan modal ventura memperoleh modal keuntungan yang besar tergantung kesepakatan. Seperti halnya pinjaman pada bank disini pengusaha juga harus mengajukan proposal atau rencana bisnis kedepan sebagai persyaratan.

3. Dana Ekuitas (Penjualan Saham Perusahaan)

Dana ekuitas adalah salah satu cara pengusaha dalam memproleh dana dengan cara menjual sahamnya kepada masyarakat(go public), perusahaan juga harus memenuhi persyaratan yang lebih sulit dan prosedur yang rumit dibandingkan mencari pinjaman pada bank maupun modal ventura, sebab harus mengikuti mekanisme dan peraturan yang ketat sebagi perusahan emitmen di bursa efek.

Berikut beberapa tahapan atau prosedur umum yang sering digunakan dalam pengajuan permohonan kridit pada bank atau LKBB

a. Pengajuan kredit

b. Melengkapi persyaratan dan mengisi formulir permohonan

c. Penelitian pendahuluan

d. Wawacara

e. Pemeriksaan ketempat usaha

f. Analisis permohonan kredit

g. Keputusan atas permohonan kredit

h. Pencairan kredit pada nasabah

Berikut beberapa persyaratan unutk mempeoleh kredit (KIK dan KMKP)

a. Pengusaha pribumi

b. Pengusaha atau perusahaan golongan ekonomi lemah

c. Mempunyai usaha yang jelas

d. Ada izin usaha atau sedang dalam pengurusan

e. Tidak sedang menikmati kredit bank lain

Read Other

Share This :
Ari Kristianto
avatar

Am ibu Lucy, pemberi pinjaman "Mengelola solusi Direktur Kredit, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan tingkat bunga 2%, Kami menawarkan pinjaman kepada badan-badan komersial dan swasta mulai dari $ 6,000.00 dolar untuk maksimal $ 500.000,00 dolar dengan jangka waktu pinjaman dari 1 25 tahun, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan tidak ada pemeriksaan kredit, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit rumah atau "pinjaman untuk Alasan The! Namun, metode kami, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan pinjaman jumlah yang dibutuhkan dan juga durasi yang Anda mampu, kami sangat bersertifikat dan terdaftar, kami berdua diasuransikan keamanan maksimum pinjaman prioritas utama kami, Kami menggunakan transfer bank dalam pengiriman pinjaman untuk banyak klien kami dan itu akan mengambil jangka waktu maksimum 12 JAM kerja dan Anda menjamin untuk mendapatkan didanai, Jika Anda tertarik, silakan isi keluar Peminjam pinjaman Aplikasi dan mengirimkannya kembali kepada kami untuk Proses lebih lanjut. email: Lucysmithloanfirm@gmail.com

Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.
Hormat kami
Lucyloancompany

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

6 July 2016 at 04:40
avatar

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan hati Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis , pinjaman perusahaan, dan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%. HURRAY !!! Ini hampir mencapai akhir tahun ini dan kami berada di DONNAHALL FUNDING LLC, kami menjamin semua klien kami yang berharga bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami sekarang melalui email: (Donnahallfundingllc@gmail.com)

Informasi Peminjam:

Nama lengkap:
Negara:
Seks:
Usia:
Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
Durasi Pinjaman:
Penghasilan Bulanan / Tahunan:
Tujuan Pinjaman:
Nomor ponsel:
Agama:
Apakah kamu berbicara bahasa Inggris:

Donnahall Funding LLC
(Donnahallfundingllc@gmail.com)

24 May 2020 at 00:40