Wednesday, 4 December 2013

Materi Tentang Promosi

af Salah satu upaya perusahan dalam mengenalkan produknya dengan cara promosi. Promosi merupakan upaya yang dilakukan perusahaan uutk memberitahu,membujuk dan mengingatkan tentang produk perusahaan sehingga dapat mengerahkan seseorang untuk melkukan pembelian terhadap produk tersebut.

Promosi sebenarnya mencakup kegiatan yang sangat luas dimulai sejak pemasangan periklanan,mendatangi konsumen dari rumah ke rumah,pelayanan penjualan produk,demonstrasi penjualan dan sebagainya. Pada masa sekarang promosi kegiatan promosi semmakin ditingkatkan karena banyak persaingan di era pasar global.

Suatu perusahaan semakin menyadari akan pentingnya kegiatan promosi untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan keuntungan akan tetapi sebelum perusahaan mengadakan promosi hendaknya membbuat perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan factor-faktor yang ada kaitannya dengan kegiatan promosi. Promosi yang tepat bukanlah pekerjaan yang sederhana, tetapi bukan berarti sebuah pekerjaan yang rumit. Semuanya harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan serta strategi pemasaran yang dipilih. Yng terpenting adalah promosi sebagai media untuk mendorong tercapainya program penjualan.

Secara garis besar tujuan dilakukannya promosi adalah sebagai berikut:

1. Mengubah tingkah laku dan pendapatan konsumen

2. Memberitahu pasar yang dituju melalui penawaran produk

3. Membujuk masyarakat konsumen agar menyenangi dan mendorong pembelian

4. Mengingatkan masyarakat konsumen akan manfaa produk

5. Mempertahankan merk produk perusahaan di pasaran

Kegiatan promosi bukan pekerjaan yang mudah dan sering kali menyangkut biaya yang tidak sedikit, sehingga agar menguntungkan penyelenggaraan promosi harus mempunyai sasaran yang luas. Sasaran kegiatan promosi ditujukan kepada:

1. Seluuruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli

2. Para pembeli produk dari perusahaan tersebut

3. Para pemakai produk pada waktu sekarang

4. Para calon konsumen potenisal

5. Para langganan yang setia membeli produk tersebut

6. Para distributor dan agen

7. Para pesaing,pedagang besar maupun kecil

8. Pemerintah yang memerlukan produk tersebut

9. Mereka yang mempunyai kekuasaan dan dapat memerintahkan untuk membelinya

Dengan kegiatan promosi, perusahaan akan mempunyai alat informasi untuk memperkenalkan produknya pada masyarakat. Selain itu keuntungan melakukan promosi adalah sebagai berikut

1. Meningkatkan omzet penjualan produk

2. Meningkatkan keuntungan perusahaan

3. Membentuk product motives dan patronage motives

4. Produk perusahaan menjadi terkenal

5. Perputaran modal kerja perusahaan menjadi lebih cepat

Read Other

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2016. Educational Top Studies Files - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz