Wednesday, 4 December 2013

Materi Negosiasi Kwu

xc Negosiasi menjadi salah satu factor penting dalam dunia usaha. Negosiasi adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding unut mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lain. Negosiasi merupakan satu bagian dari kegiatan komunikasi selain kegiatan promosi akan menunjang keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu para pengusaha harus lebih mengasah kemampuan dalam bernegosiasi agar dalam setiap kesempatan bernegosiasi ia dapat memenangkan negosiasi itu dengan cara yang kreatif dan positif.

Berikut beberapa teknik atau cara bernegosiasi yang dapat dipelajari untuk meningkatkan kemampuan kita,antara lain:

1. Pura-pura tidak cocok

Berpura-pura tidak cocok , misalnya barang-barang ada cacat maka rekanan bisnis kita akan menurukan syarat penawarannya.

2. Ya atau tidak

Disini pengusaha akan memberikan ultimatum pada calon mitra bisnisnya unutk menerima apa yang ditawarkan persis adanya. Ultimatum itu harus diberikan dengan mimic serius sehingga mitra bisnis akann merasa khawatir dalam negosiasi tersebut.

3. Pura-pura batal

Pengusaha disini berpura-pura membatalkan bisnis dan negosiasinya. Akan tetapi,tanpa sepengetahuan mitra bisnisnya ,tetap berjuang unutkk mencapai keberhasilan usahanya.

4. Lambungan bola rendah

Pada mulanya taktik ini kita akan menawarkan persyaratan ringan tetapi setelah penawaran diterima akan segera merembet kepada masalah-masalah yang berkaitan dengan semua persyaratan semula.

5. Persediaan terbatas

Dalam bernegosiasi kita dapat menyebutkan tentang persediaan barang dagangan terbatas karena laku keras. Dengan demikian, mengesankan kepada pembeli agar segera memutuskan pembelian dan tidak menyesal karena kehabisan stok barang.

6. Bersabar

Dengan penuh kesabaran, kita harus bersabar menunggu sampai calon mitra bisnisnya dapat menerima persyaratan bisnis yang kita ajukan

7. Tekanan terus-menerus

Perlawanan dengan taktik bersabar. Sejak awal bernegosiasi kita sudah melancarkan serangan dengan tawaran-tawaran. Dengan menyerang dan dipertahankan terus-menerus sampai calon mitra bisnis kita menyerahdan akhirnya menyetujui persyaratan bisnis tersebut

8. Menggigit sedikit demi sedikit

dalam taktikk ini kita tidak boleh memperlihatkan kelemahan atau kesalahan sama sekali. Disini kita harus berusaha memenangkan bisnis dalam negosiasi sehingga calon miitra bisnnis kita tidak menyadari bahwa sebenarnya banyak konsesi yang telah di lepaskannya.

9. Menambah ekstra

Sebuah taktik dimana kita harus mencoba menambah kemenangan pada saat terakhir, walaupun sebenarnya negosiasi telah berakhir

10. Memberi pilihan

Agar bernegosiasi kita dapat memberikan jasa pilihan kedua yaitu menurunkan syarat-syarat karena suatu kualitas barangnya

Read Other

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2016. Educational Top Studies Files - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz