MASIGNCLEAN101

Materi Pengertian Kewirausahaan

A. Pengertian Kewirausahaan
Istilah kewirausaha berasal dari kata wirausaha. Kata wirausaha merupakan gabungan merupakan gabungan dua kata yang menjadi satu yaitu kata wira dan usaha. Wira artinya pahlawan, laki-laki, perwira. Usaha artinya kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran atau badan untuk mencapai suatu maksud.usaha juga berarti pekerjaan (perbuatan, prakarsa,ikhtiar) untuk mencapai sesuatu. Usaha dibidang perdagangan(dengan maksud mencari keuntungan) berarti perdagangan, perusahaan. Dalam bahasa inggris istilah wirausaha dikenal dengan istilah entrepreneur(kamus dagang, savaryy-1723)
Pada mulanya entrepreneur atau wirausaha diartikan sebagai orang yang membeli barang dengan harga pasti, meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang (atau guna ekonomi) itu akan dijual. Disamping itu adapula yang mengartikan wirausaha sebagai berikut :
1. Sebagai orang yang berani mengambil risiko
2. Sebagai orang yang memobilisasi dan mengalokasikan modal
3. Sebagai orang yang menciptakan barang baru
4. Sebagai orang yang mengurus perusahaan
Dalam perkembangannya istilah wirausaha didefinisikan sebagai orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk meliihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna memastikan sukses







Share This :
Ari Kristianto