MASIGNCLEAN101

Pengertian Tentang Menyimak

semangat-kerjaMenyimak adalah proses mendengarkan dengan penuh perhatian. Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan
•    Tujuan menyimak adalah untuk mengetahui informasi yang baru.
•    Fungsi menyimak adalah untuk persiapan menanggapi apa yang di simak.
4 KETERAMPILAN BERBAHASA :
1.    Pendengaran (konferhensi lisan)
2.    Berbicara (ekspresi lisan)
3.    Membaca
4.    Menulis
Definisi menyimak menurut para ahli
Menurt rusel dan russel menyimak adalah mendengarkan denga penuh pemahaman dan perhatian. Definisinya yaitu enyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentfikasikan, menginterprestasikan, menilai da mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya.
Menurut HG. Traigan mrnyimak adalah suatu prosess kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interprestasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna dari apa yang di simak.

Tahapan-tahapan itu terjadi dalam suatu urutan, tetapi umumnya terbentuk secara tidak sadar antara tahap satu dengan dengan tahap lain terjadi dalam jarak waktu yang sangat pendek.

1. Mendengarkan (hearing)

Mendengarkan didefinisikan sebagai aktivitas fisik dimana seseorang menerima suara melalui indera pendengaran.

2. Memperhatikan (attention)

Perasaan seseorang secara terus menerus dibombardir dengan berbagai stimuli/rangsangan yang berasal dari luar

3. Memahami (understanding)

selanjutnya,yakni tahap memahami, pesan yang dikirim dalam simbol-simbol yang dilihat atau di dengar akan diberi makna.

Pengertian simbol bukan hanya menyakup kata-kata yang dikirim, tetapi juga termasuk suara-suara

4. Mengingat (remembering)

Pesan yang telah diterima dan diinterprestasikan kemudian diletakkan dalam ingatan. Setelah masuk ke dalam ingatan, pesan tersebut akan dihubungkan dengan pesan yang sudah mengendap dalam ingatan sehingga membentuk suatu rangkaian ingatan baru. Jika dibutuhkan, pesan akan dikeluarkan lagi dari ingatan.

5. Mengevaluasi (evaluating)

Pada tahap ini pula listener dimungkinkan untuk membuat pertimbangan-pertimbangan berkaitan dengan pesan yang disampaikan. Pada tahap evaluasi pesan yang di sampaikan akan di ukur bukti-buktinya,akan dibedakan mana fakta dan mana yang opini, dan menentukan apakah pesan itu mengandung bisa atau tidak.

6. Menanggapi (responding)

Tahap keenam merupkan tahap akhir dalam proses menyimak, yaitu menanggapi pembicaraan atau pesan yang disampaikan dengan memberikan umpan balik (feedback).

Share This :
Ari Kristianto