MASIGNCLEAN101

Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran yang baik sangat mendukung keberhasilan usaha perusahaan, sebab perencanaan kegiatan pemasaran barang dan jasa pada dasarnya merupakan pernyataan mengenai apa yang ingin dicapai oleh organisasi perusahaan, sehingga harus deprogram,dikoordinir dan diarahkan dengan baik oleh wirausahawan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik. Untuk menyusun perencanaan pemasaran, wirausahawan perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :

1. Darimana seorang wirausahawan memulai usahanya?

2. Kemana arah usaha yang dituju oleh wirausahawan?

3. Bagaimana wirausahawan akan mencapai sasarannya?

Pentingnya perencanaan pemasaran untuk seorang wirausahawan adalah agar dapat menentukan rencana mengalirnya barang dan jasa. Secara rinci pentingnya kegiatan perencanaan pemasaran adalah sebagaii berikut:

1. Menganalisa situasi lingkungan dan peluang pasar

2. Menetapkan strategi pemasaran

3. Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan pemasaran

Perencanaan pemasaran yang baik dan tepat harus didasarkan pada data,fakta dan asumsi yang benar tentang berikut ini:

1. Siapa target marketnya, dimana lokasinya dan berapa daya serapnya?

2. Bagaimana teknik produksi yang efektif dan efisien?

3. Bagaimana perubahan harga barang dan jasa dipasar?

4. Bagaimana saluran distribusinya?

5. Bagaimana kondisi persaingan?

6. Bagaimana analisis SWOT dari perusahaannya?

7. Bagaimana sumber daya manusia,fasilitas dan sebagainya?

Untuk mengetahui dan memahami seluk-beluk rencana konsep dan ruang lingkup pemasaran barang atau jasa. Wirausahawan perlu menjawab tiga pertanyaan dasar dalam perencanaan pemasaran barang atau jasa. Tiga pertanyaan dasar dalam perencanaan pemasaran barang atau jasa yaitu sebagai berikut:

1. Produk apa yang akan dipasarkan perusahaan?

2. Siapa yang akan memasarkan produk atau jasa perusahaannya?

3. Bagaimana cara memasarkan produk atau jasa perusahaannya?

Bagi seorang wirausahawan,peranan perencanaan barang atau jasa antara lain sebagai berikut:

1. Lebih termotivasi untuk berpikir jauh kedepan

2. Dapat mengordinir kegiatan pemasarannya yang lebih baik dan terarah

3. Dapat mengawasi kegiatan pemasarannya atas standar prestasi kerja

4. Dapat merumuskan tujuan perusahaan yang ingin dicapai

5. Dapat merumuskan kebijakan operasional pemasaran barang dan jasa

6. Dapat berpartisipasi dan mempertebal rasa tanggung jawab para pelaksana pemasaran barang dan jasa

Jadi kesimpulannya adalah perencanaan pemasaran merupakan kegiatan merumuskan usaha-usaha yang di lakukan dalam bidang pemasaran barang atau jasa pada masa yang akan datang untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan perencanaan barang atau jasa adalah sebagai berikut:

1. Membawa kearah peningkatan koordinasi dalam pemasaran

2. Menetapkan standar prestasi untuk mengukur hasil pemasaran

3. Memberikan dasar yang logis untuk mengambil keputusan

4. Meningkatkan kemampuan untuk mengahdapi perubahan-perubahan dalam pemasaran

5. Untuk memberikan pendekatan yang teratur bagi usaha yang meliputi sebagai berikut

a. Pengendalian kegiatan pemasaran

b. Menjamin keserasian antar bagian dalam perusahaan

c. Menyelaraskan kegiatan pemasaran

d. Menggunakan cara-cara berusaha dibbidang pemasaran yang lebih baik

Share This :
Ari Kristianto