Sesuatu dikatakan berhasil jika yang diharapkan dapat dicapai sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Adapun faktor-faktor yang mendukung keberhasilan usaha adalah sebagai berikut:
1. Adanya perencanaan yang tepat dan matang serta dapat dilaksankan dengan baik
2. Adanya visi,misi dan dedikasi tinggi dalam usaha
3. Adanya komitmen yang tinggi
4. Adanya dana yang cukup dalam usaha
5. Adanya SDM yang handal dan teknologi yang memadai
6. Adanya manajemen yang baik
7. Adanya peningkatan permintaan barang dan jasa
8. Adanya ketrampilan dan pengalaman dalam bidang usaha
9. Adanya kecocokan minat dan kesenangan pada bidang usaha
10. Adanya kebutuhan konsumen yang terpuaskan
11. Adanya sarana dan prasarana penunjang usaha yang memadai
Menurut Geoffrey D.meredith ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh wirausahawan dalam menentukan tujuan dan keberhasilan usaha, yaitu sebagai berikut:
1. Berjiwa besar
2. Kepemimpinannya
3. Mengambil risiko
4. Mengambil keputusan
5. Perencanaan bisnis
6. Penggunaan waktu secara efektif
7. Rencana tindakan keuangan
8. Pengembangan sikap perhitungan terhadap sumber daya
9. Pengukuran dan pengendalian strategi serta hasil keuangan
10. Sukses dibidang keuangan
Secara lebih rinci, faktor-faktor pendukung keberhasilan perusahaan antara lain sebagai berikut:
1. Faktor manusia
Faktor manusia adalah faktor utama yang mendukung keberhasilan usaha. Mereka yang berhasil di dalam berwiraswasta pada dasarnya karena mereka mempunyai keunggulan diantaranya rajin,beretos kerja tinggi,optimisme,bersemangat dan sebagainya
2. Faktor keuangan
Faktor keuangan merupakam faktor penunjang dari pendukung keberhasilan usaha. Faktor tersebut digunakan sebagai modal usaha dan membiayai pengeluaran-pengeluaran perusahaan. Faktor terpenting dalam masalah keuangan bukan dalam hal besarnya dana yang dimiliki, tetapi terletak pada kepandaiannya mengelola keuangan yang ada. Disini harus diterapkan sikap disiplin yang ketat dalam mengelolanya. Berarti wirausahawan harus selalu membuat pembukuan dan administrasi yang rapi,teliti dan tepat. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengurus keuangan perusahaan meliputi:
a. Membuat pembukuan yang teratur dan rapi
b. Mencatat semua uang yang masuk dan keluar dengan cermat dan teliti
c. Memeriksa keabsahan semua bukti-bukti pengeluaran
d. Memisahkan harta pribadi dengan keuangan perusahaan
e. Menentukan gaji karyawan dan gaji pemilik perusahaan
f. Membuat anggaran untuk semua aspek keuangan dan membandingkan dengan realisasinya
3. Faktor organisasi
Fungsi organisasi dalam usaha adalah untuk menetapkan kegiatan yang harus dilaksanakan serta pengelompokan kegiatan berwirausaha. Dengan adanya organisasi berarti seorang wirausahawan dapat seperti berikut:
a. Mempertegas hubungan dengan karyawan
b. Menciptakan hubungan antar karyawan
c. Mengetahui tugas yang akan dikerjakan para karyawan
d. Mengetahui kepada siapa para karyawan harus bertanggung jawab
Sasaran faktor organisasi berguna untuk mendapatkan bentuk kerja sama yang bermanfaat bagi perusahaan. Tujuan faktor organisasi berguna untuk meningkatkan pemasaran produk yang jauh lebih efektif dan efisien dengan hasil yang memuaskan.
4. Faktor Perencanaan
Perencanaan perusahaan merupakan alat pengewasan dan alat pengendalian. Oleh karena itu, seorang wirausahawan sejak mendirikan perusahaan sebaiknya mulai merencanakan hal-hal berikut ini:
a. Jenis produk yang akan dibuat
b. Jumlah dana yang diperlukan
c. Jumlah produk yang akan dibuat
d. Wilayah pemasaran produk
Perencanaan perusahaan bertujuan untuk berikut ini:
a. Mendorong cara berpikir seorang wirausaha jauh kedepan
b. Mengoordinasi kegiatan usaha
c. Mengawasi kegiatan-kegiatan usaha
d. Merumuskan tujuan usaha yang akan dicapai
5. Faktor Mengatur Usaha
Pada umumnya wirausahawan yang sudah berpengalaman dapat menghindari masalah-masalah atau hal-hal yang banyak merugikan perusahaan. Dalam mengatur perusahaan wirausahawan perlu melakukan kegiatan usaha sebagai berikut:
a. Menyusun uraian tugas pokok untuk menjalankan usahanya
b. Menyusun struktur organisasi usaha
c. Memperkirakan tenaga kerja yang dibutuhkan
d. Menetapkan balas jasa dan insentif
e. Membuat jadwal usaha
f. Pengaturan mesin-mesin produksi
g. Pengaturan tata laksana usaha
h. Penataan barang-barang
i. Pengawasan usaha dan pengendalian
6. Faktor Pemasaran
Faktor pemasaran produk perusahaan dapat ditinjau dari berikut ini:
a. Daya serap pasar dan prospeknya
b. Kondisi pemasaran dan prospeknya
c. Program pemasarannya
Akhir-akhir ini masalah pemasaran perusahaan mmenjadi semakin penting yaitu untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Semakin banyak perusahaan baru atau sejenis yang muncul maka harus disiasati dengan tim pemasaran yang handal, jika perusahaan tidak ingin para konsumen direbut konsumen lain.
7. Faktor Administrasi
Semakin berkembangnya suatu bisnis atau usaha, maka urusan atau masalah yang dihadapi oleh wirausahawan juga semakinbanyak dan rumit. Disamping itu, karena daya ingat manusia yang terbatas maka kejadian-kejadian penting dari wirausahawan yang berhasil selalu dicatat dan didokumentasikan. Semua ini berkaitan dengan masalah administrasi usaha.
8. Faktor Fasilitas Pemerintah
Keberhasilan usaha banyak didukung oleh fasilitas pemerintah, terutama pemerintah daerah wirausahawan yang bersangkutan. Berdasarkan undang-undang nomor 9 tahun 1995, fasilitas pemerintah yang diberikan kepada para pengusaha kecil, antara lain sebagai berikut:
a. Keringanan membayar pajak
b. Kemudahan pengurusan izin perusahaan
c. Keringanan dalam tarif prasaran usaha
d. Kemudahan dalam pendanaan usaha
e. Penyebaran informasi pasar,teknologi,desain dan peningkatan kualitas produk
f. Bantuan konsultasi hokum dan pembelaan dalam usaha
g. Bantuan fasilitas listrik,bahan baku,jalan raya,pemasaran produk keluar negeri dan lain-lain.
comment 0 comments
more_vert