MASIGNCLEAN101

Teknik Menjual

Salah satu teori menjual yang dikemukakan adalah teori AIDAS, teori ini menerangkan dengan rinci mengenai tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh seorang penjual di dalam melakukan kegiatan penjualan.

a.    Tahapan-tahapan teori AIDAS adalah sebagai berikut.

1) Attention (Perhatian)

Pada tahap ini, penjual harus berusaha agar calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan calon penjual.

2) Interest (Minat)

Pada tahap ini, penjual harus mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang kuat.

3) Desire (keinginan)

Perlu diketahui, bahwa kebiasaan calon pembeli dalam mengambil keputusan membeli tidaklah sama.

4) Action

Pada tahap ini, penjual harus menyakinkan kepada pembeli bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat.

5) Satisfaction (kepuasan)

Pada tahap ini, penjual harus memastikan bahwa kualitas produk yang ditawarkan sesuai apa yang dijelaskan.

b.   Keterampilan Penjual

Seorang penjual yang terampil dan profesional dalam menjual adalah:

1) Memiliki kemampuan  menjual yang memuaskan pembeli

2)  Memiliki suatu kebanggan terhadap profesinya

3) Mau belajar untuk menambah pengathuan dalam menjual

4) Memiliki standar ekstra yang tinggi dalam menjual

5) Tidak menyalahi janji jika menjual

6) Memahami bahwa pekerjaan menjual berarti melayani

7) Menjaga keutuhan pribadinya dan kemerdekaannya dalam menjual

Ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh penjual yang baik, antara lain

1) Mampu berkomunikasi

2) Penuh inisiatif

3) Berpikir kreatif

4) Penuh perhatian

5) Tidak mudah putus asa

6) Menarik, mudah bergaul dan selalu gembira

7) Sopan santun, lurus hati dan disiplin

8) Ketajaman daya ingat

9) Bijaksana

c. Ilmu menjual adalah suatu ilmu yang dapat digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu suatu seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Manfaat ilmu menjual:

1) Memperlancar tugas penjual dalam melakukan kegiatan dagang.

2) Penjual dapat mengatasi segala macam tantangan atau hambatan yang kadang timbul ditengah kegiatan jual beli.

3) Membantu penjual dalam mengatasi persaingan yang makin ketat, baik dalam negeri maupun luar negeri.

4) Meningkat omset penjualan

d. Objek Ilmu Menjual

1) Penjual

sebelum melakukan penjualan barang/jasa, seorang penjual harus mengenali dan mengetahui   keadaan fisik.

2) Barang atau jasa yang dijual

Penjual harus mengetahu seluk-beluk barang atau jasa yang akan dijual

B. Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah penilaian pelanggan terhadap produk atau pelayanan yang memberikan tingkat kenikmatan seperti yang diharapkan.

Harapan itu adalah berupa kemampuan perusahaan menyediakan produk, pelayanan, harga dan aspek lain sesuai dengan yang diinginkan pelanggan atau melebihi keinginan pelanggan.

a. Prinsip Kepuasan pelanggan

1)  Kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang penting

2) Pahamilah harapan pelanggan

3) Pilihlah pelanggan dengan tepat melalui strategi segmentasi kemudian bangun kepuasan pelanggan

4) Pelajarilah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan

5) Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang mau komplain

6) Beri jaminan kepada pelanggan

7) Dengarkan suara pelanggan

8) Arti penting karyawan dalam memuaskan pelanggan

9) Kepemimpinan adalah teladan dalam kepuasan pelanggan

b.    Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan

1.  Kualitas Produk

2.  Harga

3.  Faktor Emosional : (Rasa bangga, rasa percaya diri, simbol seks)

4.   Kualitas Pelayanan

5.   Faktor Kemudahan

C. Negoisasi

Negoisasi diartikan sebagai perundingan antara dua pihak yang berkepentingan untuk mencapai kesepakatan.

a. Negoisasi atau perundingan terjadi karena beberapa sebab antara lain:

a) ada pihak yang berkepentingan

b) ada suatu masalah yang harus dirundingkan

c)  ada keinginan untuk mencapai kesepakatan dalam membagi hak atau kewajiban di antara pihak yang berkepentingan

d)  ada upaya untuk menghindarkan persengketaan di masa yang akan  datang atau menyelesaikan persengketaan yang telah terjadi

e) upaya menjaga kehormatan dan kedaulatan masing-masing pihak

b.  Strategi bernegiosasi

Strategi Bernegoisasi adalah rencana mengenai berbagai persiapan dalam mengantisipasi berbagai masalah dan segala kemungkinan yang terjadi dalam suatu pandangan.

c.  Ada strategi negoisasi yang dapat dipelajari, antara lain sebagai berikut.

1)  Strategi menang-menang (win-win strategy)

Negoisasi yang berorientasi pada kemenangan kedua belah pihak

2) Stretegi menang-kalah (win-lose strategy)

Strategi Perudingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan orang lain.

3) Strategi kalah-kalah

Strategi yang dipilih sesorang karena di dasari oleh persaan untuk melampiaskan kemarahan dan cenderung tidak menggunakan akal sehat.

d. Adapun persyaratan atau kriteria yang harus dimiliki oleh seseorang yang ditunjuk untuk melakukan negoisasi antara lain:

a) Mempunyai wawasan yang luas dalam bidang yang akan dirundingkan

b) Mempunyai kemampuan berkomunikasi

c) Mempunyai kemampuan mengungkapan dan mengekspresikan substansi permasalahan

d) Mempunyai kepercayaan diri yang kuat, tetapi tidak berlebihan

e) Sikap dan penampilan yang baik

f) Mempunyai kepandaian dalam mengambil keputusan

g) Selalu berpikir secara positif

h) Pandai mengendalikan emosi

i) Negoisasi dalam jual beli

e. Di dalam kegiatan jual beli pada umumnya materi yang diperbicangkan antara pihak pembeli meliputi:

1) Harga barang yangdiperjual belikan

2) Banyaknya barang yang diperjualbelikan

3) Waktu dan lamanya pengiriman

4) Cara pengiriman dan alat transportasi yang digunakan

5) Cara dan waktu pembayaran

6) Cara pengajuan klaim apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya keterlambatan penyampaian barang, keterlambatan pembayaran, kerusakan barang, serta ketidak cocokan barang yang diterima

7) Asuransi dan ongkos pengiriman

8) Pembuatan surat kesepakatan dan perjanjian

9) Penentuan jangka waktu berlakunya perjanjian

Share This :
Ari Kristianto